Perumda Tuah Sepakat Sediakan beras murah 11.500/kg

Perumda Tuah Sepakat telah ditunjuk sebagai salah satu mitra Bulog dalam penyaluran beras SPHP kelas medium kualitas premium. Penunjukan ini sejalan dengan visi dan misi dari Perumda yang merupakan mitra pemerintah dalam berbagai bidang. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat dalam penangulangan ketahanan pangan dalam negeri.

Terkait kerjasama ini, Perumda Tuah Sepakat mendapatkan prioritas dari Bulog dalam penyaluran beras SPHP, Karena Perumda Tuah Sepakat memang sudah termasuk dalam Tim CPPD (bantuan beras cadangan pangan) dengan OPD Kabupaten Tanah Datar dalam hal hilirisasi berbagai hasil pertanian.

Perusahaan Umum Daerah Tuah Sepakat Kabupaten Tanah Datar sediakan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) untuk masyarakat Tanah Datar dengan harga 11.500 per kg. Beras SPHP ini dikemasan 5 kilo gram dengan harga 57.500, dan juga akan sediakan daging beku dengan harga sekitar Rp. 90.000,- sampai Rp.100.000,-per kg.

Beras SPHP dijual untuk umum, namun tidak tersedia di warung atau kios umum, untuk mendapatkan berasnya masyarakat cukup kunjungi Gudang Tuah Sepakat Radjo Bareh di Jalan Malana Ponco, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum.

Hal itu disampaikan Direktur Perumda Tuah Sepakat Tanah Datar Veri Kurniawan, SE. MBA  Senin (26/2/2024).

Bapak Veri katakan, “nantik beras ini juga akan dipasarkan oleh Perumda Tuah Sepakat pada program pasar murah di Nagari-nagari selingkup Kabupaten Tanah Datar, program pasar murah memang menjadi program rutin untuk sediakan bahan pokok terjangkau bagi masyarakat” .

Bapak Veri juga sampaikan informasi  dari Kapala Dinas Pangan Provinsi melalui Bulog beras SPHP ini masuk pada kelas berasnya Premium yang tentu baik untuk masyarakat Tanah Datar khusus nya di Sumatera Barat.

“Kualitas Premium artinya patahannya itu dibawah 15% kualitasnya dan itu beras Impor kualitas baik yang diberi Subsidi oleh Pemerintah,” tuturnya.

Selanjutnya, Ibuk Venny selaku kelapa Unit Tuas Mart perumda Tuah Sepakat optimis terkait distribusi beras SPHP ini “InshaAllah program ini akan lancar karna memang diperlukan dan dapat menolong masyarakat dengan keadaan kelangkaan pasokan gabah,kami upayakan mengajak dan mencobakan tes rasa secara langsung kepada masyarakat” ujarnya.

Untuk Tanah Datar Perumda  mendapat jatah satu ton per Minggu akan disebarkan kepada masyarakat Kabupaten Tanah Datar. Beras pilihan bersih dan kualitas baik menjadi poin utamanya.

Tidak ada Persaratan khusus untuk memilikinya cuma tidak diperkenankan membeli dengan jumlah yang lebih besar, yaitu hanya 5 kilo atau 10 kilo per satu orang, karena kuota Perumda terbatas.

Terakhir, untuk mencegah  oknum yang tidak bertanggung jawab akan beras SPHP ini , lebih baik jika masyarakat  membutuhkan beras harga murah dibawah harga 12 ribu dan kualitas baik segera kunjungi gudang radjo bareh Tuah Sepakat di Malana segera, ujar Bapak Veri Kurniawan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *