REKAP AKTIVITAS PERUMDA TUAH SEPAKAT 2023

 

Kabupaten Tanah Datar memiliki dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), salah satunya Perusahaan Umum Daerah Tuah Sepakat yang ikut andil dalam perannya sebagai kontrol roda ekonomi di Kabupaten Tanah Datar. Dalam realisasinya Perumda Tuah Sepakat sudah membangun tiga unit bisnis, yaitu Tuas Mart, Tuas Food, dan Tuas Media.

             Perumda Tuah Sepakat memiliki Unit Bisnis yang berkerak dibidang food and beverage atau FnB yang masuk pada program unit bisnis Tuas Food.  Bisnis ini  meliputi Restoran AHyam Batusangkar, yang berkembang dengan pembukaan cabang pertama di Payakumbuh, dan Café Istano Corner Pagaruyung. Pengembangan retoran dan tata kelolanya terus ditingkatkan setiap bulan sebagai wujud mencapai standar operasional yang stabil dan bergerak naik dalam hal pendapatan. Membahas restoran dan café yang telah dibangun Perumda Tuas Sepakat sebagai unit bisnisnya telah membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat Tanah Datar dan sering dipercaya sebagai partner kegiatan Dinas baik dalam Kabupaten Tanah Datar sebagai EO (Event Organizer) ataupun Dinas Luar Kabupaten Tanah datar seperti Provinsi dan Tamu Nasional.

      

Bisnis Resto AHyam merupakan bisnis kuliner yang mengedepankan makanan bercita rasa nusantara, dengan lokasi yang nyaman dan cozy bagi customernya. Brending AHyam sesuai namanya menyajikan varian menu Ayam dengan berbagai sambal pilihan. Menu ayam yang best seller biasannya Ayam kremes dan Ayam geprek. AHyam juga memiliki tagline (Jagonya Ayam Kremes), penikmat resto ini juga disuguhkan menu teman ayam, seperti olahan bebek, seafood, dan banyak varian  nasi goreng. Harga resto ini cukup terjangkau dengan harga start From Rp 15.000 an saja.

 Unit Usaha kedua, Perumda Tuah Sepkat yaitu Tuas Mart, dengan brending Radjo Bareh dan horeka supplier. Bisnis ini menjadi bisnis dengan dua fungsi sesuai tujuan BUMD, yaitu binis sosial dan bisnis komersial. Tuas Mart sendiri merupakan wujud sinergiritas Perumda Tuah Sepakat, Dinas Pangan, dan Masyarakat Kabupaten Tanah Datar dalam hilirisasi hasil tani.   Radjo Bareh sebagai salah satu contoh pemberdayaan masyarakat, dengan menjadikan masyarakat kabupaten tanah datar sebagai supplier beras dan next stepnya di kemas dan dipasarkan oleh Tuas Mart sebagai supplier pada masyarakat umum dan restoran/ café di Tanah datar.

Selanjutnya, Tuas Mart menjadi perbincangan akhir-akhir ini ditengah masyarakat berkat program pengadaan Operasi Pasar Murah, yaitu program Pemerintah daerah bersama Perumda Tuah Sepakat untuk pengendalian Inflansi Daerah, wujud nyata ini terlihat dari Kabupaten Tanah Datar mendapatkan penghargaan TPID (Tim Pengendalian Infalnsi Daerah) TERBAIK Nasional. Perumda Tuah Sepakat telah melakukan operasi pasar murah ke 36 nagari di Kabupaten Tanah Datar.

Kemudian, Perumda Tuah Sepakat juga akan mengoptimalkan pengelolaan Sistem Resi Gudang (SRG) di Gudang Saruaso milik Dinas Koperasi, UsahaKecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Tanah Datar yang saat ini dikelola oleh Perumda Tuah Sepakat. Gudang tersebut ditujukan bagi petani/koperasi dan juga masyarakat umum untuk menyimpan sejumlah bahan komoditas pangan (seperti: padi, beras, dan komoditas hasil pertanian lainnya). Perumda Tuah Sepakat dapatmengeluarkan Resi Gudang sebagai jaminan bagi pemilik komoditas untuk mengajukan pinjaman permodalan pada pihak perbankan yang telah
ditunjuk dan bekerjasama dengan Perumda Tuah Sepakat.

Unit Bisnis ketiga, yaitu Tuas Media. Bisnis ini meliputi studio radjo pictures sebagai bagian komersil dan sosial untuk meningkatkan konversi digitalisasi umkm dan pariwisata tanah datar dengan membantu memproduksi konten foto dan video produk umkm dan destinasi wisata. Selanjunya, media digital sumbarspot ( website, ig, tiktok, youtube) sebagai media referensi destinasi pariwisata, budaya, atraksi, dan spot kuliner baru disumatera barat.

 

Sumbar Spot sebagai media promosi pariwisata telah mampu menembus 1 juta viwers, ini menjadi wujud nyata promosi wisata dibantu oleh media yang di naungi langsung Perusahaan Umum Daerah Tuah Sepakat Tanah Datar. Nah, informasi wisata sangat mudah diakses di Instagram, Tik Tok, dan Youtube Unit Tuas Media dan bisa dibaca lengkap di Websitenya (Sumbarspot.com). Youtube Tuas Media telah meng-upload lebih 35 vidio dengan brending Uni Traveler, Konsept jalan-jalan uni sambil menjelaskan lokasi wisata yang sedang ia kunjungi. Bukan hanya youtube , instagram sumbar spot juga telah mengupload lebih dari 40 lokasi wisata di Sumatera Barat.

Sejauh ini Perumda Tuah Sepakat terus menjalin kerja sama dengan Dinas dan dengan stakeholder swasta untuk pengembangan unit bisnis, entah itu pengembangan bisnis yang sedang berjalan dan bisnis cabang diakan dating. Tentu Perusahaan Umum Daerah harus mendapat dukungan semua pihak dalam mencapai tujuannya, yang mana hakikat BUMD adalah memberi layanan sosial yang berpengaruh pada masyarakat dan memberikan dampak baik untuk siklus ekonomi daerah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *