Tuah Sepakat Komitmen Bantu Hilirisasi UMKM dan Penguatan Ketahanan Pangan Tanah Datar

Perumda Tuah Sepakat gandeng umkm untuk meningkatkan kapasitas produksi unit bisnis Tuas mart dalam menjalankan perannya sebagai mitra ketahanan pangan pemerintah daerah serta pelaku bisnis retail dan supplier horeca. Peran UMKM sebagai supplier untuk beberapa kebutuhan produk yang tidak bisa di produksi oleh perumda tuah sepakat, dalam memenuhi permintaan yang saat ini  sudah ada secara konsisten melalui unit usaha tuas mart.

Tuas mart menciptakan varian produk  beku/ frozen agar lebih mudah dalam penyimpanan dan tahan lama seperti ayam kampung dan bebek. Produk ini menjadi komuditas yang di butuhkan oleh unit bisnis tuas food yaitu resto ahyam dan resto istano corner yang telah berjalan semenjak 2023.

Untuk menjaga konsistensi produk dan kualitas terjaga maka perumda tuah sepakat melakukan pembinaan dan fasilitasi peralatan kepada salah satu peternak yang sudah melakukan kerjasama untuk menjadi supplier ayam dan bebek beku. Fasilitas itu berupa peralatan pencabut bulu ayam dan freezer pendingin dipinjamkan untuk meningkatkan produktifitas dan memudahkan mitra dalam melakukan proses produksi.

Selain itu untuk kebutuhan lainnya perumda tuah sepakat membuka kesempatan kepada pelaku UMKM sebagai supplier produk siap saji atau produk frozen food ready to cook seperti pisang krispy, pisang nugget, risol, singkong meledak, ubi tongkang sebagai pengembangan produk yang nantinya akan ditawarkan perumda tuah sepakat pada mitra horeca.

Perumda Tuah Sepakat melalui Tuas Mart berkomitmen dalam membantu rumah makan , resto, hotel yang ada di Kabupaten Tanah Datar mendapat kemudahan operasional usahanya dengan menyediakan bahan -bahan baku kebutuhan usaha, dan diantarkan setiap hari ke atau sesuai pesanan ke tempat usaha masing-masong. Target pengembangan Tuas mart diluar Kabupaten Tanah Datar juga akan direncanakan yaitu di Solok , Payakumbuh, dan Padang Panjang pada tahun 2024.

Saat ini perumda tuah sepakat sudah mengajukan proposal bantuan pada BAPANAS RI  yaitu 2 buah reefer container dengan kapasitas masing-masing 18 ton, untuk memperluas skala bisnis unit usaha tuas mart, dan meningkatkan pelayanan ketahanan pangan kepada masyarakat Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya bantuan cold storage / reefer container berkapasitas besar ini maka peran Perumda sebagai mitra pemerintah dalam menjaga ketahan pangan di Kabupaten Tanah Datar akan semakin kuat, dan secara bisnis Perumda Tuah Sepakat akan menjadi pemain besar dalam bisnis frozen food .

Ditargetkan jika tidak ada kendala, bantuan cold storage yang sudah di survei langsung oleh direktur cadangan pangan  Bapanas RI Ibu Dr.Rachmi Widiriani, SP, M.Si dan Dinas Pangan Sumatera Barat akan di realisasikan di tahun 2024 ini. Perumda tuah sepakat juga mengembangkan produk cabe beku  yang bisa bertahan 6 bulan hingga 1  tahun yang nantinya akan bermanfaat bagi ketahanan pangan dan membantu petani disaat harga cabe anjlok di pasaran.

Dengan berjalannya Unit Usaha Tuas Mart pada tahun 2024 diharapkan Perumda Tuah Sepakat mampu menyelesaikan permasalahan hilirisasi produk UMKM di Kabupaten Tanah Datar meskipun dari skala yang masih terbatas, dan juga menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Tanah Datar agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan yang mengakibatkan kenaikan harga yang signifikan.

2 thoughts on “Tuah Sepakat Komitmen Bantu Hilirisasi UMKM dan Penguatan Ketahanan Pangan Tanah Datar”

  1. Terima kasih buat Pak Direktur Perumda Tuah Sepakat yang telah membantu pengembangan UMKM Kabupaten Tanah Datar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *